Lepseut - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Bukannya Diperbaiki, Pilot Ini Malah Nyuruh Kru Untuk Memegangi Pintu Pesawat Sampai Mendarat




Lepseut - Ada kejadian yang cukup berbahaya terjadi di dunia penerbangan Korea Selatan, seorang pilot Eastar Jet dengan sengaja menerbangkan pesawat dalam keadaan pegangan pintu pesawat yang rusak!

Pada bulan Januari 2014, seorang kapten bernama Cho dalam dokumen pengadilan mengaku pada saat lepas landas ia menyadari bahwa pintu pesawat "terbuka".

Kemudian ia menyuruh para kru untuk mengecek pintu pesawat. Meskipun para kru menegaskan bahwa pintu itu tertutup, tetapi lampu indikator hidup (tanda pintu terbuka) sehingga pilot menyuruh para kru untuk "memegangi pintu pesawat hingga kita mendarat di Chongju", terang Chonsunilbo.

Pesawat yang terbang dari Incheon ke Jeju melakukan pendaratan darurat di Cheongju. Namun, pesawat itu akhirnya tetap melanjutkan penerbangan ke Jeju tanpa mengikuti "prosedur keselamatan" terlebih dahulu, seperti dilansir Korea Times.



Bahkan yang lebih mengherankan adalah pesawat itu melakukan penerbangan lagi tanpa melakukan perbaikan, hanya memasang beberapa kamera di pintu untuk jaga-jaga kalau lampu indikator hidup lagi. Pesawat itu akhirnya diperbaiki di pendaratan berikutnya di Gimpo.

Kejadian itupun diketahui, dan kemudian izin penerbangan Cho dicabut oleh Departemen Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan. Tetapi Cho bersikeras bahwa ia hanya meminta para kru untuk memeriksa pintu. Bahkan, ia mencoba untuk melawan putusan pengadilan.

Mungkin ia lupa bahwa ia pernah mengirimkan email ke divisi keselamatan dan keamanan Eastar Jet yang isinya mengungkapkan bahwa ia menyuruh para kru untuk memegang pegangan pintu agar lampu indikator pintu tidak menyala.

Tetapi sayangnya izin penerbangan pilot ceroboh itu hanya dicabut selama 30 hari saja.

Back To Top