Lepseut - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

A-maze-ing Laughter, Patung-patung yang Tertawa di Vancouver




Lepseut - A-maze-ing Laughter adalah kumpulan patung yang terdiri dari 14 patung perunggu yang menggambarkan pria bertelanjang dada sedang tertawa -- terbahak-bahak.

Baca Juga: Mengenal Patung Setengah Tangan Raksasa Punta del Este
Patung-patung itu dipasang pada tahun 2009 di Morton Park, Vancouver, Kanada, sebagai bagian dari Vancouver International Sculpture Biennale yang menampilkan karya-karya kontemporer internasional di ruang publik.

A-maze-ing Laughter dirancang oleh Yue Minjun, seorang seniman terkemuka Tiongkok yang tergabung dalam gerakan Cynical Realism.

Patung ini dibuat sebagai respon dari penindasan terhadap kebebasan berekspresi dalam politik dan seni di Tiongkok.

Di tempat itu juga terdapat sebuah prasasti yang betuliskan "Semoga patung ini dapat menginspirasi orang yang tertawa dan berbahagialah untuk semua yang pernah merasakannya.".



Menurut perjanjian antara Biennale dan Yue Minjun, seharusnya patung itu terpasang sampai 31 Desember 2011 setelah itu akan dibongkar. Tapi ketika tenggat waktu semakin mendekat, mereka ingin patung itu tetap ada.

Satu-satunya cara agar patung itu tetap ada adalah membelinya, harga yang diminta Minjun sebesar $5 juta. Tetapi masalahnya Biennale tidak memiliki dana.

Karena respon positif terhadap patung itu, akhirnya Yue Minjun menurunkan harga menjadi $1,5 juta sebagai upaya untuk membantu kota Vancouver agar bisa terus merawat patung-patung itu.

Patung itu kemudian dibeli oleh Chip dan Shannon Wilson melalui Wilson5 Foundation dan disumbangkan untuk kota Vancouver, dimana patung itu akan terus membawa senyuman kepada ribuan orang yang mengunjunginya.







Tag : Foto, Luar Negri
Back To Top