Lepseut - All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Mengenal Patung Setengah Tangan Raksasa Punta del Este




Lepseut - Tangan Punta del Este, atau Mano de Punta del Este, adalah patung setengah tangan yang terletak di pantai Brava di kota dan resor Punta del Este, Uruguay.

Baca Juga: Game "Grand Theft Auto" versi Mesum Buatan Jepang
Patung itu dibuat oleh seniman asal Chili, Mario Irarrázabal, pada musim panas tahun 1982, saat ia mengikuti acara International Meeting of Modern Sculpture di Open Air, Punta del Este. Sejak saat itu patung setengah tangan tersebut telah menjadi simbol bagi kota Punta del Este dan merupakan salah satu landmark yang paling terkenal di Uruguay.

Sejak pertama kali diperkenalkan, patung itu telah beberapa kali disebut dengan nama yang berbeda, seperti Emergiendo a la Vida, Monumento los Dedos, dan Monumento al Ahogado.

Mario Irarrázabal adalah satu dari sembilan seniman patung yang diundang untuk mengikuti acara perdana International Meeting of Modern Sculpture di Open Air. Selama musim panas itu, pantai Brava berubah menjadi semacam pameran seni di mana seniman dari berbagai negara berkumpul untuk membuat patung.

Irarrázabal menyelesaikan patung buatannya hanya dalam waktu enam hari saja. Patung setengah tangan raksasa itu terbuat dari beton dengan rangka baja, logam mesh, dan dilapisi dengan bahan anti degradasi.

Patung karyanya ini menjadi terkenal dan menuai banyak pujian dari seluruh dunia. Dan ini adalah satu-satunya patung dari sebuah acara seni yang tetap berdiri kokoh sampai saat ini. Keren! Biasanya kan kalau acaranya sudah selesai karya yang telah dibuat akan dibongkar atau dipindahkan, tetapi tidak berlaku untuk patung ini.

Terakhir, Mario Irarrázabal membuat patung di Madrid (1987), di Gurun Atacama, Chili (1992), dan di Venesia, Italia (1995).




Tag : Foto, Luar Negri
Back To Top